Help with Search courses

Perancangan Drama

Mata Kuliah Perancangan Drama mempunyai capaian pembelajaran mahasiswa mampu membuat sebuah Production Plan untuk produksi drama baik berupa film maupun program televisi. Selama satu semester mahasiswa akan mempelajari tentang bagaimana menemukan ide, mengembangkannya menjadi bahan, memilih pendekatan yang akan digunakan untuk menceritakan ide tersebut dalam kemasan film atau program televisi, menentukan calon penontonnya, memilih kesesuain genre film maupun format program, melakukan riset tentang prospek bisnis dari materi terpilih, membuat logline, menentukan production value dari hasil risetnya, memahami tentang script breakdwon, membuat penjadwalan dan rencana distribusi, dan membuat perencanaan keuangan baik dari sisi pemasukan dan pengeluaran. 

Course creator: Mika Hariyani

Sejarah Film Dunia dan Nusantara

Sejarah Film Dunia dan Nusantara

Mata Kuliah ini akan memberikan mahasiswa gambaran pemahaman yang luas
tentang sejarah film mulai dari film Amerika, Eropa, dunia hingga film Indonesia.
Film-film klasik dan penting mulai dari kelahiran medium film itu sendiri hingga saat ini akan dipelajari dan didiskusikan berkenaan dengan pengaruh mereka terhadap budaya.

Mata kuliah ini mengikuti evolusi seni, industri, politik, dan teknologi pembuatan film. Proses pembelajaran pada mata kuliah ini akan membahas sejarah dan evolusi film sebagai "bentuk seni terpopuler di abad ke-20". Film-film yang signifikan dari abad terakhir akan menggambarkan bagaimana sinema menjadi reflektor gerakan masyarakat, dan tren saat ini. Mahasiswa akan belajar memahami dampak budaya yang dipicu oleh medium film dan mengapa penting bagi dunia pada saat ini.

Tujuan penting dari mata kuliah ini adalah untuk memberi gambaran mahasiswa pada "literasi media", guna menggambarkan bagaimana film sebagai media massa tidak hanya  menghibur, tetapi juga memiliki kekuatan untuk menginformasikan, membujuk dan mempengaruhi masyarakat modern.

Tata Suara (2)

Mata kuliah teori dan praktik yang menyajikan pengetahuan dan aspek-aspek dalam penataan audio untuk film dan televisi yaitu teknik perekaman suara langsung, dubing, atmosphere dan foley, sound fx serta audio mixing.

Capaian

Mahasiswa memahami pengetahuan dan konsep-konsep penataan audio, mulai dari teknik perekaman langsung, atmosferik, dubing, foley, sound fx dan audio mixing.


Teknologi Audio Visual (2)

Mahasiswa diajarkan tentang sejarah dan perkembangan Teknologi Audio, Teknologi Radio, Teknologi Video, Teknologi Televisi dan Teknologi Film.

Capaian
Mahasiswa mengetahui dan memiliki kekayaan pengetahuan tentang teknologi perfilman dan pertelevisian, dari sejarah awal hingga perkembangan teknologi terkini (Plat, chemical, analog hingga digital)