Bantuan dengan Cari kursus

Perancangan Drama

Mata Kuliah Perancangan Drama mempunyai capaian pembelajaran mahasiswa mampu membuat sebuah Production Plan untuk produksi drama baik berupa film maupun program televisi. Selama satu semester mahasiswa akan mempelajari tentang bagaimana menemukan ide, mengembangkannya menjadi bahan, memilih pendekatan yang akan digunakan untuk menceritakan ide tersebut dalam kemasan film atau program televisi, menentukan calon penontonnya, memilih kesesuain genre film maupun format program, melakukan riset tentang prospek bisnis dari materi terpilih, membuat logline, menentukan production value dari hasil risetnya, memahami tentang script breakdwon, membuat penjadwalan dan rencana distribusi, dan membuat perencanaan keuangan baik dari sisi pemasukan dan pengeluaran. 

Tata Suara (2)

Mata kuliah teori dan praktik yang menyajikan pengetahuan dan aspek-aspek dalam penataan audio untuk film dan televisi yaitu teknik perekaman suara langsung, dubing, atmosphere dan foley, sound fx serta audio mixing.

Capaian

Mahasiswa memahami pengetahuan dan konsep-konsep penataan audio, mulai dari teknik perekaman langsung, atmosferik, dubing, foley, sound fx dan audio mixing.


Teknologi Audio Visual (2)

Mahasiswa diajarkan tentang sejarah dan perkembangan Teknologi Audio, Teknologi Radio, Teknologi Video, Teknologi Televisi dan Teknologi Film.

Capaian
Mahasiswa mengetahui dan memiliki kekayaan pengetahuan tentang teknologi perfilman dan pertelevisian, dari sejarah awal hingga perkembangan teknologi terkini (Plat, chemical, analog hingga digital)

Manajemen Produksi Film dan Televisi (2)

Manajemen Produksi Film dan Televisi, 3 SKS

Selamat Datang peserta didik yang saya banggakan di Kelas Daring MK Manajemen Produksi Film dan Televisi

Kita akan menjalani rangkaian pembelajaran tentang Pengelolaan Produksi untuk Film maupun Program Televisi.

Selamat berjuang dan tetap semangat dalam menuntut ilmu.

Citra Dewi Utami, S.Sn, M.A

Dosen pengampu MK MANAJEMEN PRODUKSI FILM DAN TELEVISI

email : citra_de@isi-ska.ac.id

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini didesain untuk Kelas Daring

Hubungan Mata Kuliah dengan Kompetensi

 Mata kuliah Manajemen Produksi Film dan Televisi merupakan MK teori yang Menayajikan dasar-dasar pengetahuan tata kelola produksi televisi dan film, mulai perancangan sampai distribusi. Didalamnya antara lain jenis, format, struktur organisasi, draft kerja, jobdesk dll. 

Capaian pembelajaran adalah mahasiswa memahami tata kelola produksi film maupun program televisi 

Outcome Matakuliah

Peranan matakuliah Manajemen Produksi Film dan Televisi dalam mendukung ketercapaian kompetensi utama dilakukan melalui keluaran/outcome dari mata kuliah ini, yaitu mampu membuat memahami bagaimana sebuah produksi film dan program televisi direncanakan, diorganisasikan, diarahkan dan dievaluasi

Ketercapaian kompetensi Hard Skill dan Softskill

Kompetensi hardskill yang diharapkan mata kuliah ini meliputi aspek kognitif dan kecakapan dalam berfikir serta aspek psikomotorik yang meliputi pemahaman tentang tahapan produksi dan fungsi pengelolaannya yang telah dilakukan Kompetensi softskill yang diharapkan dalam mata kuliah ini meliputi aspek kecakapan personal dalam bekerjasama dalam tim,menginternalisasi semangat kemandirian, disiplin, keberanian mengungkapkan pendapat dan sikap kepekaan sosial.

PETA KOMPETENSI

PETUNJUK MEMPELAJARI BAHAN AJAR

Pada setiap babak, akan ditampilkan Pendahuluan, Penyajian dan Penutup. Pendahulan berisikan Gambaran umum materi, Relevansi dengan pengetahuan mahasiswa serta Capaian Pembelajaran. Pada bagian Penyajian mahasiswa mendapat kesempatan untuk mengakses Diktat kuliah dalam ppt atau pdf, video learning, link dll. Evaluasi dilakukan pada bagian penutup berupa quiz dalam bentuk computer based test. Hasil evaluasi langsung ditampilkan setelah mahasiswa selesai mengerjakan quiz. Hasil evaluasi langsung ditampilkan setelah mahasiswa selesai mengerjakan quiz. Adapun untuk progres tugas perancangan desain produksi semua di database dan di kontrol melalui computer base.

GLOSARY

Manajemen

Produksi Film

Program Televisi

Deskripsi Pekerjaan Kru Film